Home » “15 Cara Merayakan Natal 2022 yang Kreatif Agar Lebih Berkesan”

“15 Cara Merayakan Natal 2022 yang Kreatif Agar Lebih Berkesan”

by Rizki Erdyaning
378 views 4 minutes read

Cara merayakan Natal 2022 perlu diketahui bagi umat Kristen yang hendak merayakannya. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk merayakan Natal agar lebih berkesan.
Natal merupakan hari raya umat Kristen yang diperingati pada tanggal 25 Desember. Perayaan Natal ini merupakan peringatan atas hari kelahiran Yesus Kristus.

Perayaan Natal bisa menjadi momentum untuk memperkuat kebersamaan dengan keluarga. Umumnya, orang-orang merayakan Natal di rumah agar suasana kekeluargaan lebih terasa.

Terdapat berbagai cara kreatif merayakan Natal yang bisa dilakukan di rumah bersama keluarga. Dengan mengetahui cara kreatif merayakan Natal, perayaan Natal yang dilakukan akan lebih berkesan.

1. Opera Natal
Salah satu ide cara merayakan Natal adalah dengan menyelenggarakan Opera Natal. Kegiatan ini bisa dilakukan untuk anak-anak saat sekolah Minggu.

Merayakan Natal dengan menggelar opera bisa menjadi pilihan kegiatan yang sangat menarik dan tentunya menyenangkan. Pihak sekolah bisa membuat perayaan Natal dengan drama, tarian, serta menyanyikan lagu-lagu natal.

Agar semua orang dapat menikmati keseruan opera Natal itu, penyelenggara harus memastikan setiap anak mendapat peran yang sesuai dengan bakat dan kemampuannya masing-masing.

2. Mendekor Rumah
Ide cara merayakan Natal selanjutnya yang tak kalah menarik adalah mendekor rumah dengan suasana Natal. Mendekor rumah menjelang Natal bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan bersama keluarga.

Seluruh anggota keluarga dapat saling bekerjasama untuk menciptakan dekorasi suasana Natal yang sederhana namun tetap berkesan. Mendekor rumah menjelang Natal juga bisa memberikan suasana baru yang lebih positif bagi seluruh anggota keluarga.

3. Beribadah Bersama
Saat perayaan Natal, beribadah bersama menjadi salah satu rangkaian yang tidak boleh dilewatkan. Beribadah bersama keluarga bisa dilakukan dengan menggunakan pakaian yang senada agar kebersamaan yang terjalin semakin kuat.

4. Memasak Bersama

Ilustrasi masak bareng keluarga (Foto: Shutterstock)
Selain mendekor rumah bersama, merayakan Natal juga bisa dilakukan dengan memasak bersama. Merayakan Natal dengan masak bersama bisa memperkuat emosi yang terjalin antara anggota keluarga.

Memasak dengan melibatkan seluruh anggota keluarga tentunya akan sangat seru dan menyenangkan. Ada beberapa menu yang bisa dimasak, seperti sup ayam, kalkun panggang, sera berbagai kue khas natal.

5. Menonton Film Bersama
Saat malam perayaan Natal, biasanya ada banyak film bertema Natal yang diputar di TV. Menonton film dengan tema Natal bisa menjadi pilihan aktivitas yang menyenangkan untuk melewati malam Natal bersama keluarga.

6. Bertukar Kado
Bertukar kado merupakan salah satu tradisi cara merayakan Natal yang menarik untuk dilakukan. Para anggota keluarga dapat memberikan kado kepada anggota keluarga lainnya yang berisi barang kesukaan mereka.

7. Membuka Hadiah Bersama
Setelah bertukar kado, membuka hadiah bersama juga bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk merayakan Natal. Membuka hadiah bersama ini bisa dilakukan di pagi hari setelah malam perayaan Natal.

8. Menghias Pohon Natal
Pohon Natal di rumah (Foto: Dok. Instagram)
Menghias pohon Natal merupakan salah satu tradisi Natal yang cukup menyenangkan untuk dilakukan saat menjelang malam Natal. Menghias pohon Natal dengan ornamen khas Natal bisa dilakukan bersama keluarga agar lebih seru.

9. Lomba Kostum
Lomba kostum bisa menjadi salah satu pilihan cara merayakan Natal yang menyenangkan untuk dilakukan bersama keluarga besar. Pertama-tama, tentukan tema untuk setiap keluarga kecil lalu buatlah kostum sekreatif mungkin dengan menggunakan barang-barang yang ada di rumah.

10. Bermain Game Bersama
Bermain Game saat malam Natal bisa menjadi cara merayakan Natal yang cukup menarik untuk dilakukan bersama keluarga. Terdapat banyak pilihan game yang bisa dimainkan bersama keluarga seperti ludo, domino, tebak gambar, dan lain-lain.

11. Saling Kirim Makanan
Saling mengirim makanan bisa menjadi salah satu pilihan cara merayakan Natal. Meskipun sederhana, mengirimkan makanan kepada keluarga, tetangga, atau orang-orang tersayang bisa menjadi cara merayakan Natal yang cukup berkesan.

12. Menghadirkan Santa
Santa Claus atau Sinterklas adalah sosok yang identik dengan perayaan Natal. Menghadirkan Sinterklas saat Natal bisa menjadi salah satu cara merayakan Natal yang menyenangkan.
Untuk menghadirkan Santa tidak perlu repot, para orangtua di rumah bisa menyamar menjadi santa dengan menggunakan kostum khusus. Jangan lupa menyediakan kado agar kehadiran Santa terasa lebih nyata.

13. Mengirim Ucapan Natal di Sosmed
Cara merayakan Natal selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mengirimkan ucapan Natal di Sosmed. Ucapan Natal di sosmed bisa dibuat dalam bentuk gambar atau video yang berisi pesan-pesan Natal.

14. Membuat Playlist Lagu Natal
Membuat playlist Natal adalah salah satu cara merayakan Natal yang cukup mudah dilakukan. Beberapa lagu Natal seperti White Christmas, Silent Night, dan First Noel bisa dimasukkan ke dalam playlist kemudian diputar untuk memeriahkan suasana Natal di rumah.

15. Membuat Rumah Jahe
Rumah dari kue jahe buat merayakan Natal (Foto: iStock)
Rumah-rumahan dari kue jahe sejak dulu merupakan salah satu hiasan Natal yang uni. Membuat rumah dari kue jahe khas Natal ini bisa menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan untuk merayakan Natal.

Pertama-tama, tentu saja perlu membuat adonan kue jahe dengan pola-pola untuk membentuk rumah. Setelah dipanggang, potongan kue jahe itu kemudian disusun membentuk rumah dan diberikan hiasan agar tampak semakin menarik.

Nah, itulah dari beberapa ide cara merayakan Natal yang bisa dicoba di rumah. Semoga bermanfaat!

Sumber : DetikSulsel

You may also like