Lewat Program Aku Sayang Bumi, TK Aisyiyah Sumbersari Implementasikan Gertapaga

Kampanye Gerakan Tanam Pangan Keluarga (Gertapaga) terus menyebar ke berbagai komponen masyarakat di Kota Metro. Adalah TK Aisyiyah Sumbersari Metro Selatan yang juga telah ikut mendukung kampanye ini lewat Green House di sekolah.

Titik Sutiasmilah salah seorang guru TK Aisyiyah Sumbersari mengatakan kegiatan ini sendiri merupakan tindak lanjut dari program Gertapaga di tingkat sekolah khususnya di tingkat TK.

“Bibitnya sendiri berasal dari bantuan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Metro beberapa lalu,”ujarnya, Sabtu (10/12/2022).

Titik menambahkan bahwa kampanye Gertapaga di tingkat TK ini dikemas dalam program pembelajaran Proyek Aku Sayang Bumi, Menanam Tanaman Holtikultura.

“Para murid diajak ikut menanam di green house milik sekolah sebagai upaya untuk menanamkan kesadaran menanam sejak dini dan anak-anak mengikutinya dengan gembira”jelasnya.

Kabid Ketahanan Pangan DKP3 Metro Pipi Puspita menjelaskan bahwa diperlukan kerja bersama berbagai kalangan untuk mendorong perluasan Gertapaga ini.

“Selain menggandeng PKK, kami juga melibatkan sekolah, pesantren dalam meningkatkan partisipasi Gertapaga ini,hingga akhir tahun 2022 kami telah berhasil mendistribusikan 50.000 bibit cabai kepada berbagai kelompok masyarakat”ungknya.

Sejak dicanangkan pada bulan Agustus 2022 lalu, program  Gertapaga sendiri terus dikampanyekan kepada berbagai kelompok masyarakat di Kota Metro.

Menurutnya lewat penanaman cabai dengan memanfaatkan lahan-lahan yang terlantar dan pekarangan rumah dapat meningkatkan ketahanan pangan dan ekonomi keluarga.

Sumber : Suara

Related posts

ID Food Mendorong Peningkatan Akses Perempuan di Sektor Pertanian dan Pangan

Pinjaman Ultra Mikro BRI Bikin Petani Ini Raup Omzet Rp 36 Juta

Ratusan Ha sawah di Situbondo siap panen musim tanam dua