Home » 6 Beras Terenak di Dunia Versi Taste Atlas, Tidak ada dari Indonesia

6 Beras Terenak di Dunia Versi Taste Atlas, Tidak ada dari Indonesia

by Cardito Yulianti
61 views 2 minutes read

 

Beras adalah salah satu makanan pokok yang banyak di konsumsi. Namun perlu diketahui, beras yang di produksi oleh negara Indonesia berbeda dengan negara lain.

Beras bisa menentukan enak atau tidaknya sebuah masakan, oleh karena itu kebanyakan orang memilih beras dengan kualitas yang baik agar cita rasa masakan semakin nikmat. Beras di negara Asia dijadikan sebagai bahan pangan utama, bahkan sebagian besar peringkat beras terbaik dunia di produksi di Asia. Mengutip dari tasteatlast.com, berikut daftar beras terenak dunia :

1. Pinipig

Mengutip dari tagaloglang.com, pinipig adalah butiran beras mentah yang ditumbuk sampai rata lalu dipanggang. Pinipig terbuat dari jenis beras tertentu yang disebut malagkit (mirip ketan dan agak lengket). Beras ini berwarna hijau, namun berubah warna menjadi kuning hingga kecoklatan saat dipanggang.

2. Riz de Camargue

Riz de Camargue merupakan beras merah yang berasal dari Camargue Prancis. Beras merah ini dikenal karena nutrisinya yang tinggi seperti vitamin, mineral, serat hingga asam amino.

3. Arroz Carolino das Lezirias Ribatejanas

Beras asal Portugis ini berbeda dengan beras lainnya. Pasalnya beras Arroz Carolino das Lezirias Ribatejanas ini halus dan empuk dengan tekstur lembut, dan sangat baik dalam menyerap rasa bahkan aroma bahan yang dimasak. Beras ini ditanam di Salvaterra de Magos di luar Lisbon, daerah yang terkenal dengan iklim Mediterania yang sejuk.

4. Fragrant Rice

Fragrant Rice atau yang disebut dengan beras aromatik merupakan beras yang berasal dari Vietnam. Mengutip dari k-agriculture.com, ada 6 jenis beras aromatik Vietnam yang banyak dikonsumsi seperti jenis Jasmine, ST24, ST25, DT08, OM 5451, dan KDM (Kow Dak Mali). Beras ini selain memiliki aroma wangi juga memiliki tekstur lembut, tak heran beras Vietnam ini sering di ekspor ke berbagai negara salah satunya Indonesia.

5. Arborio

Arborio adalah beras Italia yang banyak digunakan untuk memasak risotto dan puding beras makanan Italia. Beras ini memiliki ciri berupa butiran yang pendek dan memiliki kandungan pati yang tinggi sehingga menghasilkan tekstur lembut pada nasi.

6. Basmati

Mengutip dari thespruceeats.com, basmati adalah variasi beras berbutir panjang yang berasal dari kaki pegunungan Himalaya dan secara tradisional disajikan dalam masakan India dan Asia Selatan lainnya. Saat dimasak, basmati memiliki butiran yang sedikit lebih lembut dari nasi lainnya. Beras basmati biasa disajikan dengan kari maupun daging rebus.

Sumber : Tempo

You may also like