Home » Ternyata Daun Pepaya dan Bahan Ini Bisa Digunakan untuk Pestisida Organik, Berikut Ini Manfaatnya

Ternyata Daun Pepaya dan Bahan Ini Bisa Digunakan untuk Pestisida Organik, Berikut Ini Manfaatnya

by Ramanta Prihatiwi
65 views 2 minutes read

 

Menjelang harga pestisida kimia yang sedang meningkat ternyata bahan ini bisa digunakan untuk pestisida organik.

Selain untuk memangkas pengeluaran, bahan ini bisa digunakan untuk pestisida organik karena tidak mengandung zat yang berbahaya jika tanpa sengaja kita konsumsi.

Ternyata bahan ini bisa digunakan untuk pestisida organik karena mudah kita temukan di ladang, kebun, maupun lingkungan rumah sekitar kita.

Dilansir dari akun YouTube Penyuluh Pertanian Lapangan, 5 bahan ini bisa kita gunakan sebagai pestisida organik yaitu:

1.Tembakau

Tembakau mengandung nikotin dan dapat menjadi racun terhadap hama jenis serangga. Daun tembakau efektif mengendalikan hama jenis mengisap dan bereaksi seperti racun pada hama kutu apic, strips, serta ulat perusak daun tanaman.

Menurut penelitian ekstrak daun tembakau mampu mengurangi nafsu makan dari hama yang menyasar tanaman. Pengaplikasiannya dapat dilakukan seperti memblender tembakau dengan air atau mencampurnya dengan bahan organik lainnya.

Dengan perbandingan 200 gr tembakau bisa ditambahkan dengan satu liter air kemudian rendam selama 12 jam lalu gunakan pada tanaman dengan perbandingan 1:10 atau kalau mau lebih pekat bisa menggunakan perbandingan 1:5.

2. Daun Sirsak

Kandungan dalam daun sirsak ternyata bisa digunakan sebagai pestisida organik. Senyawa seperti alkaloid, flavonoid, resin, dan anonine yang dapat mengendalikan hama tanaman.

Pestisida organik berbahan daun sirsak berfungsi sebagai insektisida racun kontak, bisa sebagai penolak, dan penghambat nafsu makan khususnya jenis serangga.

Ternyata pestisida organik campuran daun sirsak dan tembakau efektif dalam melindungi tanaman dari serangan pengganggu tanaman.

3. Daun pepaya

Daun pepaya selain bisa menjadi pupuk ternyata bisa juga digunakan untuk bahan pestisida organik. Getah daun pepaya memiliki senyawa golongan alkaloid, terpenoid, flavonoid dan senyawa lainnya yang bersifat racun bagi hama tanaman.

Bahkan menurut Rizki Ramadhona dalam jurnalnya efektifitas daun pepaya untuk mengendalikan hama jenis kutu mendapatkan hasil untuk tingkat kematian hama dari perlakuan daun pepaya mencapai 90% pada konsentrasi 50%.

Dan untuk tingkat kerusakan tanaman mengalami penurunan akibat pengaplikasian dengan menggunakan daun pepaya.

4. Bawang putih

Selain menjadi kebutuhan memasak ternyata bawang putih memiliki manfaat sebagai pestisida untuk menangkal hama seperti kutu, ulat dan serangga. Kandungan yang dimiliki bawang putih antara lain minyak atsiri, flavonoid, saponin dan masih banyak lagi.

Cara pembuatan pestisida menggunakan bawang putih dan menggunakan air dengan perbandingan 1 : 5 kemudian diblender lalu disaring, atau menggunakan bahan organik lainnya.

5. Cabai

Pada buah cabai mengandung senyawa capricim yang berfungsi sebagai insektisida. Menurut penelitian Deli Wakano ekstrak buah cabai sebagai pestisida nabati pengendali hama ternyata pada konsentrasi tertentu efektif dalam mengendalikan tanaman.

Buah yang dipilih sebagai pestisida nabati yaitu sehat dan terhindar dari antraknosa karena tidak akan efektif.

Sumber : UrbanBandung 

 

You may also like