Distan morotai tingkatkan pertanian padi sawah


Morotai
 – Dinas Pertanian Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, prioritas program pembangunan pertanian khususnya di bidang tanaman pangan dengan memperluas wilayah padi sawah.

“Dinas Pertanian akan terus menyeriusi target pengembangan peningkatan produksi di bidang tanaman pangan, salah satunya dari memperluas areal tanam untuk program padi sawah,” kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pulau Morotai, Anwar Husen, ketika ditemui Halmaherapost.com, Sabtu 15 April 2023.

Anwar bilang, Kabupaten Pulau Morotai telah memiliki dua bendungan yang merupakan syarat utama bagi petani untuk mengelola hasil pertaniannya.

“Morotai punya dua areal persawahan yang respentatif untuk dikembangkan, karena yang selama ini yang menjadi masalah di petani padi sawah itu salah satunya sumber air. Nah kita sudah punya 2 bendungan, ada di Desa Aha dan yang satunya lagi di Desa Tiley,” ungkapnya.

Anwar juga mengaku jika Dinas Pertanian juga siap membantu hal-hal yang menjadi kebutuhkan petani.

Terkait benihnya, pupuknya dan sarana pasca panennya,” akunya.

Untuk saran pasca panen, lanjut dia, Tahun ini kita akan anggarkan 5 unit mesin pegilingan padi dan mesin pemilah warna beras.

“Tahun ini kita akan siapkan itu, olehnya itu kami berharap agar petani di Pulau Morotai dapat melihat peluang ini untuk terus mengembangkan hasil Produksi padi sawa,” ujarnya.

Ia berharap, dengan sejumlah bantuan dan luas lahan serta sumber air yang sudah tersedia itu dapat dimanfaatkan oleh petani untuk meningkatkan hasil produksi padi sawa di Pulau Morotai.

“Muda-mudahan dengan luas lahan dan sumber air yang sudah tersedia, ditambah lagi dengan bantuan Benih, Pupuk dan sejumlah bantuan lain yang dibantu Dinas Pertanian itu bisa menggerakkan hati petani untuk meningkatkan hasil Produksinya.

Sumber: halmaherapost

Related posts

ID Food Mendorong Peningkatan Akses Perempuan di Sektor Pertanian dan Pangan

Pinjaman Ultra Mikro BRI Bikin Petani Ini Raup Omzet Rp 36 Juta

Ratusan Ha sawah di Situbondo siap panen musim tanam dua