Jarwadi Mamu: Sektor Pertanian Harus Jadi Program Prioritas Pemerintah

 

Kronologi, Gorontalo– Ketua Fraksi Partai NasDem Jarwadi Mamu menyampaikan pemerintah daerah harus menjadikan sektor pertanian sebagai program prioritas jika menginginkan petani dan ketahanan pangan lebih maju di Kabupaten Gorontalo.

“Jika pemerintah ingin petani lebih maju, maka program sektor pertanian dan ketahanan pangan harus menjadi prioritas,” kata Jarwadi di Gedung DPRD, Senin 29 Mei 2023.

Ia mengatakan, Kabupaten Gorontalo terkenal dengan lahan luas dan tanah yang subur, penduduk mayoritas petani, sehingga sektor pertanian harus ditangani dengan serius.

“Apa yang harus dilakukan pemerintah? Pertama, bantuan pupuk bersubsidi untuk petani kurang mampu. Masalah ini paling dominan yang menjadi keluhan mereka, sebab sangat berpengaruh pada hasil pertanian,” ujar Jarwadi.

Menurut dia, penyelesaian permasalahan itu tentu punya kaitan yang baik dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat. Hal lainnya adalah upaya mengefektifkan dan mengefisienkan anggaran yang berhubungan dengan pemberdayaan kelompok tani atau kelompok penerima bantuan.

“Artinya penerima bantuan pupuk harus benar-benar mereka yang paling membutuhkan bantuan pemerintah, termasuk bagaimana upaya pemerintah dalam pemasaran hasil produksi kelompok tani,” terang Jarwadi.

Jarwadi meminta, pemerintah dapat membuat program pembimbingan kelompok melalui individu maupun organisasi kelompok tani pada pembukaan atau penggunaan lahan di kemiringan tertentu untuk kegiatan pertanian. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari penyebab masalah banjir.

“Perlu untuk pendampingan dan penyuluhan kepada petani serta larangan dan pengawasan terhadap pembukaan penggunaan lahan pada kemiringan tertentu untuk kegiatan pertanian. Semua pasti tahu, bahwa mencegah lebih baik dari pada mengobati, tentu tidak ada yang menginginkan banjir terjadi saat musim penghujan tiba,” pungkas Jarwadi.

Sumber : Kronologi

Related posts

ID Food Mendorong Peningkatan Akses Perempuan di Sektor Pertanian dan Pangan

Pinjaman Ultra Mikro BRI Bikin Petani Ini Raup Omzet Rp 36 Juta

Ratusan Ha sawah di Situbondo siap panen musim tanam dua