Home » India Setop Ekspor Beras, Negara Ini Bakal Terdampak

India Setop Ekspor Beras, Negara Ini Bakal Terdampak

by Jhon Sabri
51 views 1 minutes read


India melarang ekspor beberapa kategori beras seiring kenaikan harga domestik dan kekhawatiran akan kekurangan hasil panen. Langkah India itu dinilai berdampak ke sejumlah negara yang menjadi pangsa pasar ekspor beras India serta dapat kerek harga biji-bijian global.

Dikutip dari laporan VOA, 23 Juli 2023, ditulis Jumat (28/7/2023), India merupakan salah satu pengekspor beras terbesar di dunia menyumbang 40 persen dari perdagangan beras global. India ekspor beras ke sekitar 140 negara.

India mengumumkan larangan ekspor beras pada Kamis, 20 Juli 2023. Pemerintah menyebutkan alasan setop ekspor beras karena harga telah naik sekitar 11,5 persen selama setahun terakhir dan 3 persen dalam sebulan terakhir.

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Urusan Konsumen India mengatakan telah mengubah kebijakan ekspor untuk memastikan ketersediaan beras putih non-basmati yang memadai di pasar India. Selain itu, larangan ekspor beras tersebut untuk menahan kenaikan harga di pasar domestik.

Langkah India dilakukan beberapa hari setelah Rusia mundur dari kesepakatan untuk mengizinkan pengiriman gandum Ukraina dengan aman melalui Laut Hitam. Hal ini memicu peringatan tindakan tersebut dapat menyebabkan lonjakan harga.

“Dampak larangan beras di India pasti akan akan terasa pada harga global. Ini terjadi setelah inisiatif Laut Hitam tidak diperbarui. Saat gandum mengalami guncangan, larangan ekspor beras oleh India sebabkan guncangan lebih lanjut di pasar biji-bijian global,” ujar Editor The Indian Express Harish Damodaran kepada VOA.

“Dulu India ekspor sekitar 22,5 juta ton. Sekarang sekitar 10 juta ton akan keluar dari pasar internasional, jadi sekitar 40 persen ekspor kita akan terlempar. Ini termasuk kategori yang dilarang ekspornya tahun lalu,” ujar dia.

Sumber: Liputan6

You may also like