Di Asia Tengah, kepemimpinan perempuan adalah kunci ketahanan iklim dan kekeringan


Dari kentang yang ditanam dalam karung daur ulang hingga varietas pohon buah “lebih banyak panen per tetes”, inisiatif pertanian cerdas iklim dan yang dipimpin perempuan menjadi pusat diskusi pada konferensi antardaerah baru-baru ini yang diadakan oleh Konvensi PBB untuk Memerangi Desertifikasi (UNCCD) di Dushanbe , Tajikistan.

Tanah subur merupakan komoditas berharga di Tajikistan, di mana 90% wilayah negara ditutupi oleh pegunungan dan 60% penduduk secara langsung bergantung pada pertanian untuk mata pencaharian.

Pertanian adalah bagian utama dari perekonomian Tajikistan. Bisakah Anda melihat warna salah satu tanaman yang paling disukai di garis-garis bendera nasional?

Karena gelombang panas, kekeringan, dan peristiwa iklim ekstrem lainnya menjadi lebih sering dan parah di seluruh dunia, kerja sama regional dan berbagi pengetahuan menjadi prioritas dalam membangun ketahanan kekeringan dan melawan degradasi lahan.

Menanggapi tantangan yang berkembang ini, perwakilan dari Belarus, Georgia, Kazakhstan, Moldova, Federasi Rusia, Tajikistan, dan Turkmenistan bertemu di Dushanbe, Tajikistan dari 1-2 Juli 2023 untuk membahas peningkatan dan koordinasi kerja sama legislatif, pendidikan, ilmiah, dan teknis yang ditujukan untuk mencapai Netralitas Degradasi Lahan.

Air sangat berharga di Asia Tengah, ada yang mengatakan nilainya lebih dari emas. Menggali jauh ke dalam tanah, sumur di Lembah Gissar ini membawa air yang mengandung sejumlah kecil logam mulia

“Meskipun kita berasal dari iklim dan lanskap yang berbeda, kita bersatu dalam menghadapi kekeringan dan degradasi lahan yang disebabkan oleh iklim. Wanita yang mengembangkan dan menguji solusi cerdas iklim dan hemat biaya secara lokal harus menjadi ujung tombak upaya regional dan global untuk menanam dan melindungi makanan kita di saat tekanan klimaks,” kata peserta.

Merefleksikan tema Hari Desertifikasi dan Kekeringan tahun ini “Her Land. Her Rights”, diskusi berpusat pada peran kunci organisasi masyarakat sipil, terutama yang dipimpin oleh perempuan, dalam memanfaatkan pendanaan donor dan memajukan tindakan legislatif untuk mendukung proyek restorasi lahan responsif gender yang menyediakan mata pencaharian pedesaan yang berkelanjutan.

Apel adalah buah paling populer di seluruh dunia, begitu pula cara baru untuk menanamnya dengan lebih efisien

Setelah mengikuti serangkaian pelatihan di Youth Ecological Center di Dushanbe, Mavluda Akhmedova menggunakan teknologi menanam kentang langsung di karung daur ulang di wismanya di desa Dekhanabod. Pendekatan ini terbukti sangat efektif karena gelombang panas dan kekeringan yang lebih sering dan tiba-tiba di Tajikistan meningkatkan risiko kehilangan panen. Menanam kentang dalam karung memungkinkan petani mengontrol suhu dan kelembapan dengan lebih baik dan khususnya digunakan di petak-petak kecil di mana ruang tumbuh sangat mahal.

Rumah kaca di Universitas Pertanian di Dushanbe menggunakan teknologi terkini, mendorong para mahasiswa untuk menguji pendekatan baru terhadap produksi tanaman yang efisien dan berkelanjutan

Selama kunjungan ke pertanian percobaan di Distrik Gissar, para peserta belajar bagaimana siswa dari Universitas Pertanian di Dushanbe menguji pengetahuan kelas untuk menerapkan pendekatan “lebih banyak panen per tetes” pada 800 hektar lahan mereka yang sedang diolah, termasuk kebun buah, kebun anggur, dan padang rumput. .

Tidak ada yang lebih enak dari roti segar dari oven! Farm-to-table adalah cara hidup di pertanian percobaan Universitas Pertanian Dushanbe

Universitas berharap investasi baru dan fokus pada penelitian, teknologi pintar, dan inovasi akan membawa lebih banyak mahasiswi ke ruang kelas dan laboratorium.

Menggunakan varietas pohon buah-buahan yang kompak dikombinasikan dengan irigasi tetes berarti lebih sedikit air, lebih sedikit tenaga kerja dan lebih sedikit lahan yang dibutuhkan untuk menghasilkan hasil panen yang sebanding

Pada akhir tahun 2023, Tajikistan bermaksud untuk menyelesaikan proses bergabung dengan program penetapan Target Land Degradation Neutrality (LDN), sehingga jumlah negara yang menetapkan target LDN sukarela menjadi 130, termasuk semua negara Asia Tengah.

Selain itu, partisipasi dalam Inisiatif RESILAND CA+ Bank Dunia akan memungkinkan Tajikistan untuk mengakses basis pengetahuan dari negara-negara lain yang terlibat – Kazakhstan, Uzbekistan, dan Kyrgyzstan – dan melatih spesialis keanekaragaman hayati pengelolaan hutan dan lahan penggembalaan. Perempuan diharapkan menjadi mayoritas peserta dan penerima manfaat proyek RESILAND CA+.

Sumber: UNCCD

Related posts

ID Food Mendorong Peningkatan Akses Perempuan di Sektor Pertanian dan Pangan

Kemendag dorong produk pertanian Indonesia masuk pasar Australia

Pinjaman Ultra Mikro BRI Bikin Petani Ini Raup Omzet Rp 36 Juta