Home » Keluarnya Rusia dari kesepakatan biji-bijian menempatkan fokus pada harga pangan Asia

Keluarnya Rusia dari kesepakatan biji-bijian menempatkan fokus pada harga pangan Asia

by Cardito Yulianti
50 views 3 minutes read


Penarikan Rusia dari kesepakatan biji-bijian Laut Hitam diperkirakan akan mendorong harga pangan lebih tinggi di Asia tetapi dampaknya akan diredam untuk saat ini, kata para analis, karena berkurangnya impor dari Ukraina dan peningkatan pasokan dari negara lain.

Di bawah kesepakatan Laut Hitam, Asia menerima 46 persen pengiriman biji-bijian dan bahan makanan lainnya, sementara Eropa Barat dan Afrika masing-masing menerima 40 persen dan 12 persen.

China telah menjadi penerima ekspor terbesar, menurut angka PBB, mengambil 7,7 juta ton atau hampir seperempat dari total. Impor China termasuk 5,6 juta ton jagung, 1,8 juta ton tepung biji bunga matahari, 370.000 ton minyak bunga matahari, dan 340.000 ton jelai.

“30 persen impor jagung China berasal dari Ukraina, dan digunakan untuk makanan, minyak goreng, dan pakan ternak,” kata Oksana Lesniak, kepala Biro Asia-Pasifik di Pusat Strategi Studi Global XXI di Kyiv, kepada Al Jazeera.

Pavlo Martyshev, seorang peneliti di Pusat Penelitian Pangan dan Penggunaan Lahan di Sekolah Ekonomi Kyiv, mengatakan Asia, termasuk China, akan ditempatkan lebih baik daripada wilayah seperti Afrika untuk mengatasi runtuhnya kesepakatan.

“Berakhirnya kesepakatan biji-bijian akan berdampak pada ketahanan pangan di Asia karena kenaikan harga biji-bijian dan minyak sayur, serta minyak nabati. Ini bisa mendorong inflasi pangan di wilayah tersebut,” kata Martyshev kepada Al Jazeera.

“Namun, perlu dicatat bahwa tidak akan ada kekurangan produk pangan secara fisik. Negara-negara Asia mampu secara finansial [tidak seperti banyak negara Afrika], sehingga mereka akan memiliki persediaan makanan yang cukup.”

Martyshev mengatakan kebijakan China untuk mendiversifikasi impornya – termasuk perjanjian tahun 2022 yang ditandatangani dengan Brasil untuk mengimpor jagung – akan memastikan ketahanan pangan, karena Brasil saat ini mengalami panen yang sangat tinggi.

Namun, Martyshev memperkirakan harga biji-bijian global akan naik dalam beberapa bulan mendatang karena runtuhnya kesepakatan dan faktor lain seperti cuaca yang luar biasa akibat perubahan iklim.

“Saat ini, dampaknya tidak terlihat karena negara-negara di belahan bumi utara sedang memanen tanaman baru, sehingga akan ada cukup biji-bijian untuk semua orang,” katanya.

“Selain itu, diharapkan akan ada rekor produksi biji-bijian di dunia pada tahun 2023. Perlu dicatat bahwa panen besar saat ini adalah kebetulan, terutama karena kondisi cuaca yang relatif menguntungkan. Saat ini, panen besar menutupi masalah krisis pangan.”

Meskipun menjadi penerima manfaat dari kesepakatan biji-bijian Laut Hitam dan sekutu Rusia, China belum dapat membujuk Rusia untuk menarik diri dari kesepakatan tersebut.

“Rusia merongrong otoritas China,” Mark Savchuk, kepala komite pengawas Biro Antikorupsi Nasional Ukraina, mengatakan kepada Al Jazeera.

“Cina seharusnya digambarkan dalam kesepakatan biji-bijian ini sebagai negara besar dan berpengaruh yang dapat menjamin sesuatu [persediaan makanan] untuk negara-negara Afrika.”

Yose Rizal Damuri, direktur eksekutif Center for Strategic and International Studies (CSIS) yang berbasis di Jakarta, mengatakan dampak di Asia Tenggara, di mana mie berbahan dasar gandum menyumbang 10-15 persen makanan pokok, tidak akan “sebesar itu” negara telah mengurangi impor dari Ukraina setelah Rusia melancarkan invasi pada Februari tahun lalu.

“[Dampak tidak langsung] itu mungkin lebih signifikan daripada dampak langsung, terutama dengan siklus cuaca El Nino yang dapat mengganggu panen di Asia Tenggara,” kata Damuri kepada Al Jazeera.

Damuri menambahkan, jika kondisi cuaca yang tidak menguntungkan mempengaruhi rantai pasok komoditas pangan lainnya, Asia Tenggara masih berpotensi mengalami inflasi yang lebih tinggi.

“Itu sekali lagi tergantung pada bagaimana [kesepakatan biji-bijian Laut Hitam] memengaruhi rantai pasokan pangan global,” kata Damuri.

Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba telah memperingatkan bahwa penarikan Rusia membahayakan nyawa jutaan orang di seluruh dunia, terutama di Asia dan Afrika.

“Dengan menarik diri dari perjanjian biji-bijian, Rusia membahayakan nyawa jutaan orang di seluruh dunia, terutama di Asia dan Afrika,” kata Kuleba kepada Al Jazeera, menambahkan bahwa koridor keuntungan telah mengakibatkan gandum, jagung, dan komoditas terkait lainnya turun 20 persen.

“Setelah pengumuman penarikan Rusia dari perjanjian tersebut, harga kemungkinan akan naik, mempengaruhi mata pencaharian jutaan orang di seluruh dunia, termasuk Asia,” kata Kuleba.

PBB dan Turki menengahi kesepakatan biji-bijian pada Juli tahun lalu dalam upaya mencegah krisis pangan global dengan memfasilitasi ekspor biji-bijian Ukraina yang terganggu oleh perang di Ukraina.

Program Pangan Dunia PBB telah memuji inisiatif tersebut dengan memfasilitasi pengiriman lebih dari 725.200 ton biji-bijian seperti jagung, gandum, dan rapeseed untuk menghilangkan kelaparan di seluruh dunia, termasuk di Afghanistan, Ethiopia, Kenya, Somalia, Sudan, dan Yaman.

Sumber: ALJAZEERA

You may also like