Home » 5 Dampak El Nino pada Sektor Pertanian

5 Dampak El Nino pada Sektor Pertanian

by Jova Nadya
80 views 2 minutes read


Salah satu fenomena iklim yang memiliki dampak ke seluruh dunia adalah El Nino. Dilansir dari laman Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika disingkat BMKG El Nino merupakan fenomena pemanasan suhu muka laut (SML) di atas kondisi normal. Hal ini terjadi di Samudera Pasifik bagian tengah.

Pemanasan suhu muka laut menyebabkan meningkatnya pertumbuhan awan di Samudera Pasifik bagian tengah dan berkurangnya curah hujan di wilayah Indonesia. Secara singkat El Nino memicu terjadinya kekeringan di wilayah Indonesia. Salah satu yang terdampak dari perubahan iklim ini adalah para petani. Berikut beberapa dampak El Nino bagi petani.

1. Kekeringan

Salah satu dampak paling mencolok dari El Nino adalah peningkatan kekeringan dan kemarau yang dapat berlangsung selama beberapa bulan, melansir dari laman Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Kurangnya hujan yang signifikan dapat mengakibatkan kekeringan yang merusak pertanian. Tanaman pertanian, terutama tanaman padi, jagung, dan kedelai, membutuhkan air yang cukup untuk pertumbuhan optimal.

2. Penyebaran Hama dan Penyakit

Kondisi cuaca yang tidak biasa selama El Nino dapat memicu penyebaran hama dan penyakit tanaman yang lebih luas. Perubahan lingkungan, termasuk suhu yang tinggi dan kelembaban rendah, menciptakan kondisi yang lebih baik bagi hama seperti ulat, kutu daun, dan penyakit seperti karat daun. Ini bahkan bisa berdampak pada hasil panen.

3. Penurunan kualitas tanaman

Akibat suhu yang tinggi kualitas tanaman bisa menurun. Sayuran dan buah-buahan yang tumbuh dalam kondisi yang tak ideal cenderung memiliki ukuran yang kecil, rasa yang kurang enak, dan secara keseluruhan kualitasnya menjadi buruk.

4. Gangguan musim tanam

El Nino bisa mengubah pola cuaca dan bisa mengganggu musim tanam yang biasanya terjadi. Jadwal musim tanam dan panen bisa terganggu. Petani dapat mengalami penundaan dalam penanaman tanaman, penurunan luas area tanam, atau bahkan kegagalan panen.

5. Ketidakstabilan pasar

Perubahan dalam produksi pangan yang diakibatkan El Nino bisa berdampak pada ketidakstabilan pasar. Jika panen gagal maka pasokan dapat berkurang, seperti beras. Sehingga menimbulkan melonjaknya harga beras dan tidak seimbangnya antara pasokan dan permintaan.

Sumber : Tempo

You may also like