Padi Rusak, Ratusan Petani Ajukan Klaim Asuransi


Sebanyak 5.602 lahan di Kabupaten Cirebon yang mendapat bantuan premi Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) secara gratis dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Cirebon dan Pemerintah Pusat.

Dari ribuan peserta AUTP itu. ratusan petani telah mengajukan klaim ke PT Jasindo pada tahap I, karena tanaman padinya mengalami kerusakan yang cukup parah. Rata-rata, penyebabnya karena kekeringan dan Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) alias hama.

“Rata-rata yang klaim tahap pertama, penyebab kerusakan karena kekeringan dan OPT atau hama. Seperti tikus, dan lainnya,” kata Sub Koordinator Produksi Tanaman Pangan pada Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon, Iwan Mulyawan.

Kata dia, dari 10 Kecamatan yang didaftarkan bantuan premi AUTP gratis. Ada lima Kecamatan yang mengajukan. Diantaranya, petani dari Kecamatan Susukan, Gegesik, Klangenan, Jamblang, dan Plered.

“Lima Kecamatan yang mengajukan tahap I. Luas lahan klaim yang sudah disetujui dan sudah disurvei oleh PT Jasindo adalah, 155,21 hektare. Tapi, belum dibayar, baru disurvei oleh Independent Loss Adjuster,” ujar Iwan.

Sumber : Fajar

Related posts

ID Food Mendorong Peningkatan Akses Perempuan di Sektor Pertanian dan Pangan

Pinjaman Ultra Mikro BRI Bikin Petani Ini Raup Omzet Rp 36 Juta

Ratusan Ha sawah di Situbondo siap panen musim tanam dua