Kerangka Kerja Global Mengatasi Dampak Buruk Bahan Kimia Disepakati di Bonn


Konferensi internasional yang berlangsung di Bonn, Jerman, menyepakati kerangka kerja global untuk mengatasi dampak buruk bahan kimia dan limbah.

Konferensi Internasional Kelima tentang Pengelolaan Bahan Kimia (ICCM5) tersebut berakhir pada 30 September.
Peserta konferensi menyepakati diadopsinya kerangka kerja global komprehensif yang menetapkan target dan pedoman konkrit untuk sektor-sektor utama di seluruh siklus hidup bahan kimia.

Proses negosiasi internasional ini melibatkan perwakilan dari pemerintah, sektor swasta, Organisasi Non-Pemerintah, organisasi antar pemerintah, pemuda, dan akademisi. Mereka berpartisipasi dan menghasilkan keputusan bersejarah untuk membentuk “Kerangka Kerja Global Bahan Kimia – Untuk Bumi” bebas dari bahaya bahan kimia dan limbah.”

Terdapat 28 target dan kerangka kerja ini menguraikan peta jalan bagi negara-negara dan pemangku kepentingan untuk secara kolaboratif mengatasi siklus hidup bahan kimia, termasuk produk dan limbah.

Direktur Eksekutif Program Lingkungan PBB (UNEP) Inger Andersen, mengatakan, setiap orang di planet ini harus dapat hidup dan bekerja tanpa takut jatuh sakit atau meninggal akibat paparan bahan kimia.

“Alam, yang bebas dari polusi, harus mampu berkembang dan mendukung umat manusia selama ribuan tahun mendatang,” kata Inger.

Sumber : Dari Laut

Related posts

ID Food Mendorong Peningkatan Akses Perempuan di Sektor Pertanian dan Pangan

Pinjaman Ultra Mikro BRI Bikin Petani Ini Raup Omzet Rp 36 Juta

Ratusan Ha sawah di Situbondo siap panen musim tanam dua