Home » Petani Ini Sukses Panen Bawang Bombai Seberat 8,97 Kg

Petani Ini Sukses Panen Bawang Bombai Seberat 8,97 Kg

by Mochammad Wiratmansyah
53 views 1 minutes read


Petani asal Inggris Gareth Griffin berhasil memanen bawang bombai seberat 8,97 kilogram dan memecahkan rekor dunia sebagai bawang bombai terberat.

Dilansir detikFood yang mengutip situs resmi Guinness World Records (29/9), pada 15 September 2023, Griffin menunjukkan bawang bombai terbesar di dunia yang dipamerkan di Harrogate Autumn Flower Show di North Yorkshire.

Dalam perjalanannya ke pameran, Griffin menaruh hasil tanamnya yang berharga itu di motor yang dikelilingi bantal.

Bawang bombai miliknya berhasil melampaui rekor bawang bombai terberat di dunia sebelumnya dengan berat 8.5 kilogram. Rekor itu dipecahkan pada 2014.

Dalam menanam sayuran ini, Griffin terinspirasi oleh ayahnya. Ia kemudian mengembangkannya sebagai hobi, tapi sekitar 13 tahun lalu Griffin mulai serius menekuni budidaya sayuran hingga berukuran jumbo.

Hal ini terjadi usai Griffin menyaksikan keberhasilan petani lain yang sebelumnya juga memegang rekor. Petani itu adalah Peter Glazebrook.

“Saya sangat senang bisa menanam bawang bombai terbesar di dunia. Ayah saya menanam bawang bombai raksasa selama bertahun-tahun sebelum dia meninggal, tapi bawang terbesarnya hanya seberat 3,5 kilogram. Jadi menanam bawang bombai hingga memecahkan rekor dunia jauh lebih berarti bagi saya dibandingkan untuk kebanyakan orang,” kata Griffin.

Ia mengungkap alasan lain bersemangat menanam bawang bombai jumbo adalah karena ketika berukuran amat besar, bawang bombai masih terlihat seperti bawang bombai.

“Di seluruh dunia orang-orang menggunakan bawang bombai dan mengetahui ukuran bawang bombai normal sehingga ketika mereka melihat bawang bombai raksasa ini mereka terkejut,” ucapnya.

Di Inggris memang ada minat yang besar dari para petani lokal untuk memamerkan hasil tanam mereka yang berukuran besar. Di sana bahkan ada National Giant Vegetables Championships alias Kejuaraan Sayuran Raksasa Nasional.

Sumber: Detik

You may also like