Home » Wagub Kalteng Ungkap Keberhasilan Pertanian di Pekan Daerah KTNA

Wagub Kalteng Ungkap Keberhasilan Pertanian di Pekan Daerah KTNA

by Mochammad Wiratmansyah
53 views 3 minutes read

Jakarta – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Edy Pratowo membuka Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) XIII Tingkat Provinsi Kalteng Tahun 2023. Kegiatan yang telah digelar sejak 1983 ini diharap dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk menggerakkan agribisnis dan kemitraan di tingkat Petani Nelayan.
Edy mengungkapkan tokoh petani, nelayan dan kontak tani nelayan serta penyuluh pertanian turut hadir dalam kesempatan ini. Ia berharap kehadiran para tokoh mampu memotivasi dan menginspirasi petani nelayan lainnya untuk saling berinteraksi dan bersinergi.

Petani dan nelayan diharap dapat memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia di daerah masing-masing dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan untuk perbaikan mutu produksi dan peningkatan pendapatan kesejahteraan keluarga petani-nelayan.

“Alhamdulillah keberhasilan yang telah dicapai dalam bidang pertanian Kalimantan Tengah hingga saat ini tidak terlepas dari peran tokoh-tokoh petani, nelayan, dan kontak tani-nelayan serta penyuluh pertanian,” ungkap Edy dalam keterangan tertulis, Senin (20/11/2023).

Ia menyebut angka inflasi Kalteng lebih rendah dari capaian inflasi nasional. Per September 2023, inflasi Kalteng sebesar 0,11 persen atau lebih rendah dari capaian nasional sebesar 0,19 persen.

Keberhasilan ini juga terlihat dari Program Nasional Food Estate yang terus diupayakan untuk mendukung pertumbuhan Indeks Pertanaman (IP) dan ekonomi petani. Diketahui, Nilai Tukar Petani (NTP) meningkat dari tahun ke tahun. Di triwulan III (Oktober 2023), NTP sub sektor tanaman pangan, hortikultura, dan peternakan telah mencapai 118,77 persen.

Selain itu, Pemprov Kalteng juga mencapai Zero Green penanganan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak.

Baca juga:
Gubernur Kalteng Ajak Perangkat Daerah Percepat Atasi Masalah Batas Desa
Lebih lanjut, Edy menjelaskan Pekan Daerah KTNA ini telah digelar sejak tahun 1983. Kegiatan ini bertujuan melakukan konsolidasi, pengembangan diri, tukar menukar informasi, apresiasi, kemitraan dan promosi hasil pertanian, perikanan-kelautan, dan kehutanan.

Menurutnya, kegiatan ini digelar secara teratur dan berkelanjutan. Dengan demikian, Pekan Daerah ini dapat membangkitkan semangat, tanggung jawab serta kemandirian sebagai pelaku utama pembangunan pertanian, perikanan, perkebunan, dan kehutanan.

Adapun gelarannya tahun ini berlokasi di Taman Permata Sukamara Desa Natai Sedawak, Kecamatan Sukamara, Kabupaten Sukamara. Pekan Daerah ke-13 Tahun 2023 ini mengusung tema ‘Memantapkan Potensi Komoditas Unggulan Lokal untuk Mewujudkan Kemandirian Pangan Berkelanjutan Menuju Kalteng Makin BERKAH’.

Pesan Wagub Jelang Pemilu 2024

Dalam kesempatan ini, Edy turut menyinggung soal momen politik jelang Pemilihan Umum 2024. Ia menekankan ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian bersama.

Pertama, kedudukan bupati/wali kota merupakan representasi dari pemerintah pusat. Oleh karena itu, pejabat daerah harus mampu memfasilitasi penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024 sekaligus meminimalisir kemungkinan terjadinya konflik horizontal. Hal ini dinilai dapat mengganggu suksesnya pelaksanaan Pemilu Presiden, Wakil Presiden, dan Legislatif, serta Pemilihan Kepala Daerah Serentak tahun 2024.

Kedua, mengintensifkan kerja sama dan koordinasi seluruh stakeholders di kabupaten/kota dengan Pemprov Kalteng. Khususnya pada penanganan inflasi melalui pemberian stimulus dan program ketahanan pangan.

Ia pun mengimbau adanya sinergikan pembangunan dengan program strategis Pemprov Kalteng, dukungan investasi dan percepatan pertumbuhan ekonomi kerakyatan, serta inovasi untuk memanfaatkan potensi daerah masing-masing agar capaian Pendapatan Asli Daerah lebih optimal.

Sementara itu, Pj. Bupati Sukamara Kaspinor menyampaikan Pemerintah Kabupaten Sukamara berterima kasih kepada gubernur, wakil gubernur serta seluruh tim anggaran Pemprov Kalteng yang telah membantu menggerakkan ekonomi Kabupaten Sukamara melalui program-program pertanian terintegrasi dan infrastruktur yang sudah dirasakan oleh masyarakat.

“Semoga Kabupaten Sukamara ke depan makin maju dan setara dengan daerah lainnya di Kalimantan Tengah,” ucapnya.

Sebagai informasi, dalam kesempatan ini dilakukan penyerahan bantuan secara simbolis dari Dinas TPHP Prov. Kalteng kepada kabupaten yang diterima oleh perwakilan wilayah Tengah, Timur, dan Barat.

Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Kalteng juga menyerahkan bantuan fasilitasi Premi Asuransi bagi Pelaku Usaha perikanan (KUSUKA) BERKAH bagi pelaku usaha senilai Rp 2,6 Miliar lebih.

Sementara itu, Dinas Perkebunan Prov. Kalteng menyerahkan bibit kakao dan dari Dinas Kehutanan Prov. Kalteng menyerahkan bantuan 3 (tiga) kendaraan bermotor untuk penyuluh kehutanan berupa alat ekonomi produktif untuk Penyuluh Kehutanan sebesar Rp 1,9 Miliar untuk Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Pulang Pisau, penyerahan pemenang lomba Wanawiyata Tahun 2023 dengan total hadiah Rp 50 Juta untuk 4 (empat) kategori, penyerahan kelompok Tani Hutan Wanawiyata sebagai wadah pendidikan dan latihan kehutanan untuk petani, mahasiswa, pelajar, dan lainnya, penyerahan Surat Keputusan Perhutanan Sosial serta Hibah bantuan pengendalian kebakaran dengan total Rp 12 Miliar lebih.

Adapun Pekan Daerah Tahun 2023 ini dihadiri Ketua Umum KTNA Nasional H.M. Yadi Sofyan Noor, Pj. Bupati Sukamara Kaspinor dan Forkopimda Kabupaten setempat, Bupati, Pj Walikota/Bupati se-Kalteng.

Sumber : Detik.com

You may also like